SINFORAN | Mengucapkan Jazakallahu khairan katsiran a'la ziyaratikum | Baca kisah |
  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter

Cabang-cabang ‘Ulumul Qur’an












Cabang-cabang ‘Ulumul Qur’an

Secara garis besar Ulumul Qur’an terbagi dua, yaitu:
  1. Ilmu yang berhubungan dengan riwayat semata mata, seperti ilmu qira’at, tempat turunnya ayat-ayat al-Qur’an, waktu turunnya, dan sebab-sebabnya.
  2. Ilmu yang berhubungan dirayah, yakni ilmu yang diperoleh dengan jalan penelaahan secara mendalam seperti memahami lafal yang gharib (asing pengertiannya) serta mengetahui makna ayat yang berhubungan dengan hukum.Tujuan mempelajari ulumul qur’an ini adalah untuk memperoleh keahlian dalam mengistimbath hukum syara’, baik mengenai keyakinan atau I’tiqad, amalan, budi pekerti, maupun lainnya.1 

    Cabang-cabang dari Ulumul Qur’an adalah sebagai berikut :
  1. Ilmu Mawathin al-nuzul yaitu : ilmu yang menerangkan tempat tempat turunnya ayat, masanya, awal dan akhirnya.
  2. Ilmu Tawarikh al-nuzul yaitu : ilmu yang menerangkan dan menjelaskan masa turun ayat dan tertib turunnya, satu demi satu dari awal turun hingga akhirnya, dan tertib turun surat dengan sempurna.
  3. Ilmu Asbab al-nuzul yaitu : ilmu yang menerangkan sebab sebab turunnya ayat.
  4. Ilmu Qira’at yaitu : ilmu yang menerangkan rupa-rupa Qira’at ( bacaan al-Qur’an yang diterima dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam ).
  5. Ilmu tajwid yaitu : ilmu yang menerangkan cara membaca al-Qur’an, tempat mulai dan pemberhentiannya.
  6. Ilmu Gharib al-Qur’an yaitu : ilmu yang menerangkan makna kata-kata yang ganjil yang tidak terdapat dalam kitab-kitab biasa, atau tidak terdapat dalam percakapan sehari-hari. Ilmu ini menerangkan makna-makna kata yang halus, tinggi, dan pelik.
  7. Ilmu I’rabil qur’an yaitu : ilmu yang menerangkan baris al-Qur’an dan kedudukan lafal dalam ta’bir ( susunan kalimat ).
  8. Ilmu Wujuh wa al-nazhair yaitu : ilmu yang menerangkan kata-kata al-Qur’an yang banyak arti, menerangkan makna yang dimaksud pada satu-satu tempat.
  9. Ilmu Ma’rifat al-muhkam wa al-mutasyabih yaitu : ilmu yang menyatakan ayat ayat yang dipandang muhkam dan ayat ayat yang dianggap mutasyabih.
  10. Ilmu al-Nasikh wa al-Mansukh yaitu : ilmu yang menerangkan ayat ayat yang dianggap mansukh oleh sebagian mufasir.
  11. Ilmu bada’I al-Qur’an yaitu : ilmu yang membahas keindahan keindahan al-Qur’an. ilmu ini menerangkan kesusastraan al-Qur’an, kepelikan, dan ketinggian balaghahnya.
  12. Ilmu I’daz al-Qur’an yaitu : ilmu yang menerangkan kekuatan susunan tutur al-Qur’an, sehingga ia dipandang sebagai mukjizat.
  13. Ilmu Tanasub ayat al-Qur’an yaitu : ilmu yang menerangkan persesuaian antara suatu ayat dengan ayat sebelum dan sesudahnya.
  14. Ilmu Aqsam al-Qur’an yaitu : ilmu yang menerangkan arti dan maksud-maksud sumpah tuhan atau sumpah-sumpah lainnya yang terdapat di al-Qur’an.
  15. Ilmu Amtsal al-Qur’an yaitu : ilmu yang menerangkan segala perumpamaan yang ada dalam al-Qur’an.
  16. Ilmu Jidal al-Qur’an yaitu : ilmu untuk mengetahui rupa rupa debat yang dihadapkan al-Qur’an kepada kaum musyrikin dan lainnya.
  17. Ilmu Adab al-tilawah al-Qur’an yaitu : ilmu yang mempelajari segala bentuk aturan yang harus dipakai dan dilaksanakan didalam membaca al-Qur’an. Segala kesusilaan, kesopanan, dan ketentuan yang harus dijaga ketika membaca al-Qur’an.Dan ilmu-ilmu lain yang membahas tentang Al-Qur’an.2





1 Ramli Abdul Wahid, Ulumul Qur’an, (Beirut: Daar al-Fikr, 1989), 23.


2 Al-‘Allamah Muhammad bin Shalih al-Utsaimin, Ushul fi attafsir, (Dammam: Dar Ibnu al-Jauzi, 1426), 28




Baca artikel di bawah ini!


1. Pengertian ‘Ulumul Qur’an 

2. Sejarah dan Perkembangan ‘ulumul 

3. Ruang Lingkup ‘Ulumul Qur’an

 






















0 komentar:

 

Browsing Artikel

Pengikut

Total Tayangan Halaman

sinforan's cbox

Recent Posts

Pingbox

Copyright 2010 Situs Informasi dan Pengetahuan - All Rights Reserved.
Designed by Web2feel.com | Bloggerized by Lasantha - Premiumbloggertemplates.com | Affordable HTML Templates from Herotemplates.com.